09 October 2008

IMAN atau KEBENCIAN


UNTUK DIREFLEKSIKAN ......! ! !

Beberapa bula yang lalu, ada seorang teman yang membawakan CD (tanpa gambar) tetang KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani) sebuah gereja di Jawa Timur. dalam KKR itu menghadirkan seorang "pentolan" FPI Surabaya yang "menerima Yesus" alias masuk Kristen. saya pribadi sebetulnya tidak simpatik lagi dengan hal-hal seperti itu. karena menurut saya itu bukan kebangunan Iman tapi menebar KEBENCIAN. tapi saya tetap ingin mendengarkan isi ceramahnya "orang suci" ini. dan benar saja bahwa isinya tidak masuk akal, sangat egois, meceritakan keindahan "rumah barunya" dengan terus menerus mejelek-jelekkan "rumah yang lama".  

Temen-temen sekalian, saya lalu berfikir, BERGUNAKAH itu semua? Apakah yang dimaksud dengan IMAN jika untuk membangun dan meng-upgrade-nya saja harus dengan cara seperti "mengajak perang"  bisa ndak kita membayangkan bahwa telah bertahun-tahun gereja membangun hubungan baik, dialog, dan terus meningkatka nilai pluralitas bagi jemaatnya, dan hanya dalam waktu 2 atau 3 jam KKR saja itu bisa musnah, hancur berkeping-keping. Dan anehnya hal seperti ini mulai banyak dilakukan di lingkup GKSBS. 

Sekedar mengingatkan dalam tulisan saya beberapa waktu lalu, Dalam kehidupan kehidupan yang pluralis ini masih relevankah kita untuk memandang "jadikalah semua bangsa muridku dan baptislah mereka dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus..." itu sebagai AMANAT AGUNG yang harus dijaga sebagai sebuah misi? bukankah akan lebih indah bagi sesama dan dunia ini jika kita MENGASIHI SESAMA SEPERTI DIRIMU SENDIRI, MENGAMPUNI TUJUH PULUH KALI TUJUH KALI, dan masih banyak lagi ayat alkitab yang sangat indah untuk dijadikan AMANAT AGUNG??   

Hidup berdampingan dengan damai seharusnya menjadi misi setiap orang dengan cara saling menghargai perbedaan, menghilangkan mayoritas dan minoritas. karena dimana ada mayoritas disitu pasti akan ada pemaksaan kehendak (dikutip dari Sri Sultan Hamengkubuwono X pada seminar Lintas Agama di Metro) 

Hidup Pemuda GKSBS, Jadilah Agen Perdamaian...

Salam Damai.

BACA YANG LAIN



0 Tanggapan Anda:

Post a Comment

Buat Temen-Temen Semua. makasih telah mengunjungi BLOG kita. Kami berharap jadikan ini semua sebagai sarana komunikasi dan curahan rasa "kangen" kita semua